Langsung ke konten utama
Okey, jadi kemarin gue baru aja penjurusan di kampus tercinta Universitas Indonesia. Yap, penjurusan atau biasa yang disebut dengan peminatan yang gue inginkan sesuai dengan apa yang gue dapet. Hotel!
Mari kita cari tahu sedikit info tentang apa itu Hotel?


Kata Hotel berasal dari bahasa Perancis yaitu hostel artinya “tempat penampungan buat pendatang” atau “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Oleh sebab itu, keberadaan hostel untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sebagai tempat tinggal sementara. Hostel inilah cikal bakal hotel yang ada sekarang ini.

Hotel merupakan pendukung dari beberapa kegiatan sektor pariwisata yang menyadiakan sarana akomodasi dan tempat pertemuan antara wisatawan dan pelaku industri.

Pengertian hotel berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no KM 94/HK103/MPPT 1987 adalah sebagai berikut: “Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunannya untuk menyediakan jasa pelayanan, penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan didalam keputusan pemerintah”.

Dari pengertian diatas, maka hotel juga dapat definisi seperti di bawah ini :

  1. Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987)
  2. Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran (Lawson, 1976:27)
  3. Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
    • Jasa penginapan
    • Pelayanan makanan dan minuman
    • Pelayanan barang bawaan
    • Pencucian pakaian
    • Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya.(Endar Sri,1996:8)

    Di Indonesia, hotel selalu dikonotasikan sebagai bangunan untuk penginapan yang mahal. Secara umum, di Indonesia dikenal hotel berbintang, hotel melati yang tarifnya cukup terjangkau namun hanya menyediakan tempat menginap dan sarapan pagi, serta guest house baik yang dikelola sebagai usaha swasta (seperti halnya hotel melati) ataupun mess yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan sebagai tempat menginap bagi para tamu yang ada kaitannya dengan kegiatan perusahaan.


    Menelusuri kemajuan hotel sekarang ini perkembangannya sangat signifikan, terutama pertambahan jumlah kamar, model dan arsitektur, lokasi yang menyebar dan merata, jenis dan karakter semakin beragam membuat pilihan bagi traveller semakin banyak dan beragam. Hotel mengalami perubahan dan terus akan berubah ke arah modern. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap keinginan pelanggan yang terus meningkat.


    Hotel operasianal memiliki beberapa divisi atau department. Semua departemen tersebut saling mendukung dan tidak dapat berdiri sendiri dalam operasinya dan mempunyai tujuan yang sama yaitu Bagaimana membuat tamu merasa puas dan nyaman ketika mereka menggunakan hotel tersebut. Tiap departemen dipimpin oleh seorang menejer dan menejer tersebut bertanggung jawab kepada General Manager sebagai pimpinan tertinggi dalam suatu organisasi hotel.

    Departemen-departemen yang ada di hotel dapat dikelompokkan sebagai berikut:
    • Housekeeping.
    • Front Office.
    • HRD
    • Sales and Marketing.
    • Engineering.
    • Food and Beverage Service.
    • Food and Beverage Product.
    • Security.
    • Accounting.
    • Public Relation.
    • IT.

    Departemen-departemen diatas di kelompokkan menurut fungsi dan keguanaannya.

    Misalnya untuk keperluan accounting, depertemen tersebut dikelompokkan menjadi:

    • Revenue Center adalah depertemen yang memberikan pelayanan, menjual produk-produk hotel untuk menghasilkan pendapatan bagi hotel, misalnya front office dan food and beverage.
    • Supporting center yaitu depertemen yang tidak memberikan pendapatan bagi hotel secara langsung namun sangat berperan dalam menyediakan dukungan bagi departemen revenue center. Contoh housekeeping memberikan peran yang sangat besar bagi front office untuk menjual kamar tamu.


    Pengelompokkan berdasarkan interaksi dengan tamu yaitu :
    • Front of the house yaitu area dimana karyawan dapat berinteraksi langsung dengan tamu hotel, misalnya front office dan fb service. Kemudian,
    • Back of the house yaitu area dimana tamu mempunyai interaksi yang sedikit dengan karyawan atau tidak sama sekali, misalnya HRD, IT, accounting, engineering, housekeeping dan security.


Konsep dan Definisi
Hotel adalah suatu usaha yang menggunakan suatu bangunan atau bagian dari bangunan daripadanya yang khusus disediakan, dimana setiap orang dapat menginap dan makan serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran (mempunyai restoran yang berada di bawah manajemen hotel tersebut). Apabila tidak memenuhi persyaratan seperti tersebut di atas dikategorikan sebagai "penginapan".

Hotel berbintang memiliki persyaratan sebagai berikut:
  1. Fisik, meliputi lokasi, kondisi, dsb
  2. Bentuk pelayanan (service)
  3. Kualifikasi tenaga kerja, pendidikan, kesejahteraan
  4. Fasilitas olah raga dan fasilitas lainnya
  5. Jumlah kamar yang tersedia:
    10 - 14 kamar untuk bintang 1
    15 - 29 kamar untuk bintang 2
    30 - 49 kamar untuk bintang 3
    50 - 99 kamar untuk bintang 4
    Di atas 99 kamar untuk bintang 5
Data yang disajikan:
  • Tingkat penghunian kamar
  • Tingkat penghunian tempat tidur
  • Tingkat penghunian ganda atas kamar (GPR)
  • Rata-rata lama menginap tamu
  • Jumlah tamu yang datang

Tingkat penghunian kamar:
Perbandingan antara kamar yang terpakai dengan jumlah kamar yang tersedia (prosentase).

Tingkat penghunian tempat tidur:
Persentase dari tempat tidur yang terpakai (terjual) terhadap jumlah tempat tidur yang tersedia.

Tingkat penghunian ganda atas kamar, merupakan indikator yang menunjukkan rata-rata jumlah tamu pada setiap kamar.
Perbandingan Jumlah tamu yang menginap (malam tamu) dengan jumlah kamar yang dihuni (malam kamar).

Rata-rata lama menginap tamu:
Banyaknya tempat tidur yang terpakai dibagi dengan banyaknya tamu yang datang.



sumber: http://tugaspariwisata.blogspot.com/2011/08/konsep-dan-definisi-hotel.html


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian food and beverages (tambahan)

        Menurut Soekresno dan Pendit (1998:4) menyebutkan bahwa food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional. Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama. 2 (dua) bagian tersebut adalah:  Food and beverage bagian depan (front service) Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.  Food and beverage bagian belakang (back service) Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu...

pancasila sebagai paradigma reformasi

Ketika gelombang gerakan reformasi melanda Indonesia maka seluruh aturan dalam wacana politik mengalami keruntuhan terutama praktek - praktek elit politik yang dihinggapi penyakit KKN. Bangsa Indonesia ingin mengadakan suatu perubahan yaitu menata kembali kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya masyarakat madani yang sejahtera, masyarakat yang bermartabat kemanusiaan yang menghargai hak - hak asasi manusia, masyarakat yang demokratis yang bermoral religius serta masyarakat yang bermoral kemanusiaan dan beradab. Dalam kenyataannya gerakan reformasi ini harus dibayar mahal oleh bangsa indonesia yaitu dampak sosial, politik, ekonomi terutama kemanusiaan. Para elit politik memanfaatkan gelombang reformasi ini demi meraih kekuasaan, sehingga tidak mengherankan jikalau banyak terjadi perbenturan kepentingan politik. Berbagai gerakan muncul disertai dengan akibat tragedi kemanusiaan yang sangat memilukan dan banyak menelan korban jiwa dari anak - anak bangsa sebagai rakyat kecil ...

Tata Hidang

Sebagaimana telah diketahui bahwa Tata Hidangan adalah merupakan bagian dari Food and Beverage Department yang pada dasarnya secara langsung menunjang serta melaksanakan segenap fungsi Food and Beverage Department. Namun demikian secara terpisah dapat dilihat bahwa tugas pokok atau fungsi utama Tata Hidangan adalah " memberikan layanan makanan dan minuman ". Dalam tugas pokok/fungsi tersebut diatas terkandung fungsi atau tugas lainnya : A. Layanan Makanan : Fungsi pemberian layanan ini dapat dilaksanakan di : Berbagai ruangan makan (restaurant) yang tersedia termasuk "banquet". Kamar tamu (Room Service) Kegiatan penghidangan makanan yang dilaksanakan diluar Hotel (Outside Catering) Dimana layanan tersebut diatas meliputi kegiatan - kegiatan : penyiapan peralatan yang dibutuhkan. Penghidangan makanan. Pengumpulan peralatan kotor/yang telah dipergunakan. B. Layanan Minuman : Fungsi pemberian layanan ini dapat dilaksanakan di : berbagai ruang makan (re...